Kamis, 30 Desember 2010

KASIH SAYANG



Ada seorang ayah yang berumur sudah tua dan anaknya yang yang sudah bisa dikatakan dewasa.. Mereka duduk berdua di sebuah taman..Anaknya sedang asyik membaca buku sedangkan ayahnya menikmati suasana dari taman tsb. Tiba-tiba ada seekor burung datang mencari makanan di dekat meraka.. Lalu si ayah bertanya kepada anaknya " apa itu nak?" anaknya menjawab "burung gereja yah" dan mereka sibuk sendiri-sendiri lagi. Tak lama kemudian ayah menanyakan hal yang sama dan anaknya pun menjawabnya lagi. Pertanyaan ini di ulang-ulang oleh si ayah beberapa kali yang membuat si anak kesal sampai-sampai dia menjawab dengan mengeja satu persatu huruf dengan nada marah. Seperti tidak memperhatikan amarah anaknya, si ayah kembali bertanya. Kali ini si anak benar-benar marah dan mengucapkan hal yang membuat si ayah sedih. 

Kemudian si ayah pun pergi masuk kesebuah tempat dan tak lama kemudian kembali dengan membawa sebuah buku kecil lalu memberikan kepada anaknya. Ayah meminta anaknya untuk membacakan isi dari halaman yang telah ia pilih dengan keras. Si anak pun membacanya :


Ketika anakku masih berumur sangat kecil, di tempat yang sama.. Anakku bertanya kepadaku "yah apa itu?" "itu burung gereja anakku" si ayah menjawab pertanyaan itu dengan penuh kasih sayang dan mencium anaknya tsb. Anakku bertanya dengan pertanyaan yang sama sebanyak 21 kali, maka aku pun menjawab sebanyak 21 kali pula dengan tetap penuh kasih sayang dan menciumnya, tanpa ada rasa kesal sedikitpun.


Si anakpun terdiam lalu memeluk dan mencium ayahnya dengan sebuah penyesalan dengan apa yang diperbuatnya tadi..

Semoga cerita ini dapat memberikan sebuah pelajaran kepada kita. Bagaimana orang tua kita menyayangi kita dengan sepenuh hati mereka tanpa ada rasa kesal sedikitpun walau kita sering membuat hal yang dapat membuat rasa jengkel muncul. Kita mungkin tidak pernah bisa membalas semua kasih sayang yang mereka berikan kepada kita tapi sudah sebaiknya kita memperlakukan mereka dengan penuh kasih sayang seperti mereka menyayangi kita dari kecil hingga dapat mengurus diri kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar